UJI KOMPETENSI KEJURUAN

Jurusan Teknik Mekanik Otomotif  SMK Muhammadiyah Bulakamba pada tanggal 18 s/d 21 Maret 2009 telah menyelenggarakan Uji Kompetensi Kejuruan yang diikuti oleh 273 siswa kelas 3. Pelaksanaan Ujian berlangsung di Bengkel Mekanik Otomotif SMK Muhammadiyah Bulakamba. Assesor atau tim penguji berasal dari PT. Toyota yang dalam hal ini diwakili oleh PT. Candra Motor Tegal. Ujian berlangsung dengan baik dan lancar. Alkhamdulillah hasil yang diperoleh juga tidak mengecewakan.

 

SOSIALISASI BAHAYA NARKOBA

Dalam rangka membantu pemerintah untuk mensosialisasikan bahaya penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang, SMK Muhammadiyah Bulakamba bekerjasama dengan jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polsek Bulakamba dan Polres Brebes) mengadakan sosialisasi bahaya narkoba di aula SMK Muhammadiyah Bulakamba.

Sosialisasi diikuti oleh semua warga SMK Muhammadiyah Bulakamba yang terdiri atas bapak/ibu guru dan siswa-siswi kelas 1, 2 dan 3. Sasaran utama sosialisasi ini adalah siswa-siswi yang merupakan generasi muda penerus bangsa. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, dapat menambah pengetahuan siswa-siswi tentang bahaya penggunaan narkoba dan menjauhkan mereka dari penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

 

PELUNCURAN WEBSITE SMK MUHAMMADIYAH BULAKAMBA

https://smkmuhbulakamba.wordpress.com

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya proses pembuatan website SMK Muhammadiyah Bulakamba dapat terselesaikan. Proses pembuatan website ini dilakukan kurang lebih selama 2 bulan. Peluncuran website sekolah dilakukan oleh Kepala Sekolah bertepatan dengan Milad SMK Muhammadiyah Bulakamba yang ke-9.

Website sekolah ini bisa diakses dengan menggunakan personal computer (PC) atau handphone yang memiliki fasilitas akses internet (modem). Di dalam website ini memuat tentang ALBUM FOTO, BURSA KERJA KHUSUS, PROFIL SEKOLAH, DOWNLOAD, FORUM ALUMNI dan lain-lainnya termasuk di dalamnya forum diskusi ilmiah.

Kepala Sekolah berharap agar website ini benar-benar menjadi sarana aktualisasi diri, penyampai informasi, juga media komunikasi yang pas bagi keluarga besar SMK Muhammadiyah Bulakamba, termasuk semua unsur yang ada di dalamnya, mulai dari siswa, guru, karyawan hingga kepala sekolah.

Sampai dengan bulan Nopember 2009, jumlah pengunjung website SMK Muhammadiyah Bulakamba sudah mencapai angka 4.000 pengunjung. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan website sekolah sangat mendapatkan respon dari pengguna internet. Bahkan ada beberapa pengguna dari SMK di luar jawa yang merasa sangat terbantu sekali atas penyediaan modul-modul pembelajaran adaptif, normative maupun produktif.

DONOR  DARAH

SMK Muhammadiyah Bulakamba menyelenggarakan kegiatan donor darah secara rutin satu kali setiap semester. Kegiatan ini dibantu sepenuhnya oleh PMI (Palang Merah Indonesia) kabupaten Brebes. Sebagian besar guru dan siswa mengikuti kegiatan ini. Pelaksanaan donor darah dilakukan di salah satu ruang di sekolah.

Karena keterbatasan peralatan untuk donor darah, peserta donor darah dipanggil secara bergiliran untuk diambil darahnya. Pelaksanaan kegiatan berjalan lancar, dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB. Sebagian peserta donor darah memang sudah terbiasa dengan kegiatan ini. Bahkan menurut mereka apabila tiga bulan tidak mendonorkan darahnya, badan terasa pegal dan kurang enak. Setelah diambil darahnya, mereka biasanya merasa lebih nyaman. Pihak Palang Merah Indonesia kab. Brebes juga memberikan beberapa bungkus indomi dan telur untuk setiap peserta donor guna memulihkan tenaga.

Kepala SMK Muhammadiyah Bulakamba berharap kegiatan donor darah ini dapat terus berjalan secara rutin. Selain dapat membuat sehat badan si pendonor, juga dapat membantu sesama bagi yang membutuhkan darah. Ingat “Setetes darah anda, sangat berarti bagi hidup orang lain”.